One

Minggu, 04 Januari 2015

Tips dan Trik Menjawab Soal dengan mudah CAT CPNS 2015

By 19.38
Tips dan Trik Menjawab Soal dengan Mudah CPNS CAT 2015

Ristizona.com - Bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian CPNS pastinya sekarang ini sedang sibuk berlatih mempersiapkan diri untuk mampu menjawab soal-soal tes. Ujian CPNS mulai tahun ini menggunakan sistem CAT (computer asisted test) yang aman ujian CPNS secara online dan tak menggunakan sistem manual seperti dahulu.



Mulai dari dulu, bahan soal ujian CPNS selalu sama meskipun bentuk soalnya selalu berbeda. Ini membuat sebenarnya cukup mudah untuk mempelajari dan berlatih bagaimana menjawab Soal CPNS. Jika kamu tahu triknya pastinya akan sangat membantu nantinya jika ujian sedang berlangsung.

Berikut ini Trik Jitu dalam Menjawab Soal CPNS CAT :

A. SOAL CPNS: PADANAN KATA
Contoh Soal
Misalnya: KAKI : SEPATU
a. Cat : Kuas d. Cincin : Jari
b. Meja : Ruangan e. Topi : Kepala
c. Telinga : Anting

Jawaban C

Sepatu dikenakan di kaki (urutannya sepatu dulu baru kaki). Jika anda mencari jawaban, maka urutannya juga harus dari belakang. Anda tidak boleh memilih ‘cincin dikenakan di jari’, karena urutannya terbalik. Maka yang benar adalah anting dikenakan di telinga

1. TIPS DAN TRIK MENJAWAB SOAL PADANAN KATA
1) Yang paling penting dalam menghadapi soal semacam ini adalah menemukan kata kunci atau hubungan KHUSUS/ UNIK dari dua atau lebih kata yang diberikan.


2) Semakin KHUSUS atau SPESIFIK, maka akan semakin mudah untuk menemukan hubungan yang paling sesuai. Jika hubungan bersifat terlalu umum, maka alaternatif jawaban biasanya masih sulit untuk ditentukan yang paling tepat.


Contoh:
KAKA TUA : MERPATI.


Jika kita menentukan bahwa hubungannya adalah SAMA-SAMA BINATANG, maka itu masih bersifat terlalu umum. Artinya, jika ada pilihan jawaban gajah:semut, elang:kupukupu, gurame:kakap, dsb maka semua bisa benar karena mereka sama-sama binatang. Tapi cobalah anda pilih hubungan yang lebih
khusus, misalnya kaka tua:merpati adalah sama-sama burung, maka jawaban yang tepat adalah gurame:kakap yaitu sama-sama ikan.


3) Jika telah menemukan hubungan kata tetapi masih bingung, maka buatlah katakata tersebut menjadi sebuah kalimat dengan menggunakan hubungan analogi yang ada atau kausalitas (sebab akibat).


4) Hubungan kata harus mempunyai urutan yang sejalan/searah dengan soal. Seperti contoh soal sepatu dikenakan di kaki (urutannya sepatu dulu baru kaki). Jika anda mencari jawaban, maka urutannya juga harus dari belakang. Anda tidak boleh memilih ‘cincin dikenakan di jari’, karena urutannya terbalik. Maka yang benar adalah anting dikenakan di telinga.

B. SOAL CPNS: SINONIM (PERSAMAAN KATA)
Jangan memilih kata yang memiliki bunyi mirip dengan soal, karena jawaban seperti itu adalah 95% salah!, artinya kemungkinan untuk benar hanya sekitar 5%, dan bisa disebut itu adalah JEBAKAN SOAL.

C. TIPS DAN TRIK SOAL CPNS: TES DERET ANGKA

Pola bilangan dapat ditebak jika telah ada minimal dua pola sebelum atau sesudahnya. Pola bilangan dapat berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pengakaran, pengkuadratan, atau gabungan dari beberapa operasi tersebut.

Langkah awal mencari pola/ irama suatu deret adalah dengan memperhatikan perubahan dari satu bilangan ke bilangan yang lain kemudian ditentukan apakah aturan operasi tersebut berlaku untuk seluruh deret atau tidak.

Semakin sering anda mengerjakan soal pola bilangan, maka anda akan semakin mahir dan mampu mengerjakan semakin cepat dari waktu ke waktu. Karena itu, ada baiknya anda mencoba juga soal-soal lain dengan metode yang kami berikan di sini.

D. TIP DAN TRIK SOAL CPNS : KESIMPULAN (SILOGISME)
Untuk soal-soal PERBANDINGAN yang biasanya memiliki ciri “lebih” atau “dari pada" maka solusi TERMUDAH adalah dengan digambar atau ditulis. Kemudiantinggal anda cek jawabannya.

Itulah beberapa Tips dan Trik Menjawab Soal CPNS CAT 2015. Semoga bermanfaat !